PAKET WISATA RELIGI KOMPLIT WALI 9, WALI 7 BALI, WALI 5 LOMBOK

》》》● PAKET WISATA RELIGI KOMPLIT MAHKOTA WISATA TOUR ORGANIZER.

Indonesia sebuah Negara kesatuan yabg memiliki jumlah muslim terbanyak dunia. Akulturasi islam dengan agama sebelumnya tdk dapat dilepaskan begitu saja, nyatanya banyak kebudayaan dan adat istiadat daerah yang masih membawa unsur hindu budha dalam kegiatan keagamaan serta tasyakuran.
Fakta menyatakan bahwa masuknya agama islam ke indonesia tidak lepas dari ajaran wali songo , (wali 9). Posisi dan wilayah penyebaran agama islam jawa merata diwilayah pantura atau disebut pantai utara. Berikut adalah nama dan lokasi waki 9 jawa yang akan kita kunjungi selama rangkaian wisata religi ziarah wali 9 jawa.


Paket ziarah religi wali 9 ini akan ditemouh selama 3 hari 2 malam, setiap peserta akan mendapatkan fasilitas perjalanan sebagai berikut :
*bis pariwisata Ac, tv, vcd dvd, bantal selimut, wifi
*konsumsi : makan 7x, snack 1x, aqua 600ml 3x,
*p3k,spanduk,doorprice,pemandu
*tol, parkir,retribusi perjalanan,tiping crew,infaq ziarah
Harga : harga yg kami berikan fariatif sesuai start keberangkatan mulai dari Rp.375.000 per peserta untuk paket komplit.

1. SUNAN AMPEL SURABAYA

Sunan Ampel termasuk salah seorang Sunan dalam 9 nama-nama Sunan Walisongo. Menurut sejarah Walisongo inti sari dari ajaran Sunan Ampel yang terkenal pada saat itu yaitu “Moh Limo“. Moh Limo merupakan bahasa jawa yang mempunyai makna Moh artinya tidak atau menolak, dan Limo memiliki arti lima.

Maksudnya adalah pada inti ajaran beliau terdapat makna “Untuk menolak dan tidak mengerjakan lima perkara. Kelima perkara itu  adalah Moh Main (Tidak Berjudi), Moh Ngombe (Tidak Minum Alkohol), Moh Maling (Tidak Mencuri), Moh Madat (Tidak Menghisap Narkoba), Moh Madon (Tidak Berzina).

Nama Asli Sunan Ampel: Raden Rahmat.
Wilayah Dakwah Sunan Ampel: Surabaya.
Peninggalan Sunan Ampel: Masjid Ampel di Ampel Denta, Surabaya.
Tahun Wafatnya: 1481 M.
Makam Sunan Ampel: Sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya.


2. SUNAN GIRI

Sunan Giri merupakan salah seorang Sunan yang termasuk dalam 9 nama-nama Sunan Wali Songo. Berdasarkan sejarah Wali Songo, Sunan Giri adalah seorang Wali yang populer akan cara penyampaian dakwah yang ceria kepada masyarakat.

Dalam penyampaian dakwah, Sunan Giri juga menyelipkannya ke dalam hiburan lagu permainan contohnya cublak-cublak suweng, jamuran, dan lir ilir.

Nama Asli Sunan Giri: Muhammad Ainul Yakin.
Daerah Penyebaran Islam Sunan Giri: Gresik, Madura, Lombok, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.
Peninggalan Sunan Giri: Tembang Pucung, Tembang Asmarandana, Masjid Giri, Giri Kedaton dan Telogo Pegat.
Tahun Wafat Sunan Giri: 1506 M
Makam Sunan Giri: Cirebon, Jawa Barat.



3. SUNAN DRAJAT


Sunan Drajat merupakan salah seorang Sunan yang termasuk dalam 9 nama-nama Sunan Wali Songo. Menurut sejarah Walisongo ajaran yang sering disampaikan oleh Sunan Drajat adalah kepada murid-muridnya adalah “Suluk Petuah”. Di dalamnya terdapat beberapa buah pesan yang bisa ditanamkan di dalam diri setiap manusia.

Nama Asli Sunan Drajat: Raden Qosim
Wilayah Dakwah Sunan Drajat: Desa Jelog, Pesisir Banjarwati, Lamongan.
Peninggalan Sunan Drajat: Gamelan singa mangkok.
Tahun Wafatnya: 1522 M.
Makam Sunan Drajat: Paciran, Lamongan.



4. SUNAN GRESIK

Sunan Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik termasuk salah seorang Sunan dari 9 nama-nama Wali Songo. Menurut sejarah Wali Songo inti pokok perjuangan Sunan Gresik adalah untuk menghapuskan sistem kasta yang ada pada masyarakat. Karena hal itu tidak sesuai dengan ajaran agam islam yang menyatakan bahwa semua manusia itu sama di mata Allah SWT, yang membedakan hanyalah amal ibadahnya saja.

Nama Asli Sunan Gresik: Maulana Malik Ibrahim.
Wilayah Dakwah Sunan Gresik: Gresik, Jawa Timur.
Peninggalan Sunan Gresik: Masjid Malik Ibrahim di Leran, Gresik, Jawa Timur.
Tahun Wafatnya: 1419 masehi
Makam Sunan Gresik: Desa Gapura Wetan, Gresik.



5. SUNAN BONANG

Sunan Bonang merupakan salah seorang Sunan yang termasuk dalam 9 nama-nama Sunan Wali Songo. Dalam sejarah Wali Songo, Sunan Bonang merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang dalam ajarannya beliau menyampaikan “Jangan bertanya, Jangan memuja nabi dan wali-wali, jangan mengaku Tuhan. Jangan mengira tidak ada padahal ada, sebaiknya diam, jangan sampai di goncang kebingungan.

Nama Asli Sunan Bonang: Maulana Makdum Ibrahim.
Wilayah Dakwah Sunan Bonang: Tuban, Jawa Timur.
Peninggalan Sunan Bonang: Alat musik tradisional gamelan yang berisi bonang, bende dan kenong. Juga perkenalkan gapura yang berarsitektur tema islam.
Tahun Wafatnya: 1525 M.
Makam Sunan Bonang: Tuban, Jawa Timur.


6. SUNAN KUDUS

Sunan Kudus termasuk salah seorang Sunan dalam 9 nama-nama Wali Songo. Berdasarkan sejarah Sunan Kudus merupakan seorang Wali yang mewariskan budaya toleransi antar umat beragama. Sebagai contoh adalah umat Islam diajarkan untuk menyembelih kerbau pada saat hari raya Idul Adha untuk menghormati masyarakat Hindu di Kudus.

Nama Asli Sunan Kudus: Ja’far Shadiq
Wilayah Dakwah Sunan Kudus: Kudus, Jawa Tengah
Peninggalan Sunan Kudus: Masjid Menara Kudus
Tahun Wafatnya: 1550 M
Makam Sunan Kudus: Kudus, Jawa Tengah


7. SUNAN MURIA

Sunan Muria termasuk salah seorang Sunan dalam 9 nama-nama Sunan Wali Songo. Berdasarkan sejarah Wali Songo, Sunan Muria adalah salah satu tokoh Wali Songo yang memiliki metode pembelajaran agam Islam yang terkenal. Metode pengajaran Beliau adalah menggunakan tembang sinom dan kinanti dalam menyampaikan ajaran Islam

Selain itu Sunan Muria juga mewariskan sebuah budaya bernama kenduri. Budaya Kenduri ini merupakan sebuah budaya untuk mendoakan orang yang sudah meninggal sesudah dimakamkan. Di dalam kenduri ini terdapat istilah nelung dinani artinya 3 hari, mitung dinani artinya 7 hari, matang puluhi artinya 40 hari, nyatus artinya 100 hari, mendak pisan, mendak pindo, nyewu artinya 1000 hari.

Nama Asli Sunan Muria: Raden Umar Said.
Wilayah Dakwah Sunan Muria: Kudus dan Pati.
Peninggalan Sunan Muria: Masjid Muria.
Tahun Wafatnya: 1551 M.
Makam Sunan Muria: Kudus, Jawa Tengah.


8. SUNAN DEMAK KALIJAGA

Sunan Kalijaga termasuk salah seorang Sunan dalam 9 nama-nama Sunan Wali Songo. Menurut sejarah Wali Songo Sunan Kalijaga merupakan salah seorang Wali yang mengajarkan agama Islam secara dengan bertahap. Caranya adalah dengan  menanamkan nilai-nilai agama dalam budaya dan ideologi rakyat sekitar.

Hal ini dilakukan karena Beliau memiliki keyakinan bahwa jika agama Islam sudah dikenali dan dimengerti oleh masyarakat, maka perilaku buruk manusia akan hilang dengan sendirinya.

Nama Asli Sunan Kalijaga: Raden Said.
Wilayah Dakwah Sunan Kalijaga: Cirebon, Jawa Barat.
Peninggalan Sunan Kalijaga: Seni ukir, wayang, gamelan dan suluk.
Tahun Wafatnya Sunan: 1513 M.
Makam Sunan Kalijaga: Desa Kadilangu, Demak Bintara, Jawa Barat.


9. SUNAN GUNUNGJATI

Sunan Gunung Jati termasuk salah seorang Sunan dalam 9 nama-nama Sunan Wali Songo. Berdasarkan sejarah Wali Songo, Sunan Gunung Jati merupakan salah seorang tokoh Walisongo yang populer akan pesan wasiatnya.

Pesan wasiat itu berbunyi “Sugih bli rerawat, mlarat bli gegulat” maknanya menjadi kaya bukan untuk diri sendiri, menjadi miskin bukan untuk menjadi beban orang lain.

Nama Asli Sunan Gunung jati: Syarif Hidayatullah.
Wilayah Dakwah Sunan Gunung Jati: Cirebon, Banten dan Demak.
Peninggalan Sunan Gunung Jati: Masjid merah Panjunan, Kumangang Pintu, dan Kereta untuk berdakwah.
Tahun Wafatnya: 1568 M.
Makam Sunan Gunung Jati: Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon Jawa Barat.



》》》● PAKET WISATA RELIGI ZIARAH WALI 7 BALI KOMPLIT + WISATA


Bila di Jawa terkenal dengan Wali 9 (songo), di Bali ada Wali 7 (pitu). Berikut ini adalah nama-nama Wali Pitu yang akan kita kunjungi selama serangkaian kegiatan ziarah wali 7 bali :

1. Pangeran Mas Sepuh / Syeh Achmad Chamdun Choirussholeh / Raden Amangkurat. Makamnya di Desa Munggu Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Dikenal dengan "Makam Keramat Seseh".

2. Chabib Umar Bin Maulana Yusuf Al Maghribi. Makamnya di atas bukit Bedugul Kabupaten Tabanan. Dikenal dengan "Makam Keramat Bedugul".
3. Chabib Ali Bin Abu Bakar Bin Umar Bin Abu Bakar Al Khamid. Makamnya di Kampung Islam Kusamba Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung. Dikenal dengan "Makam Keramat Kusamba".
4. Syeh Maulana Yusuf Albaghdi Al Maghribi. Makamnya di Desa Bungaya Kangin kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem. Dikenal dengan nama "Makam Keramat Kembar".

5. Chabib Ali Bin Zainul Abidin Al Idrus. Makamnya di Desa Bungaya Kangin Kecamatan Bebandem Kabupaten Klungkungan. Dikenal dengan nama "Makam Keramat Kembar".

6. The Kwan Lie, bergelar: Syeh Abdul Qodir Muhammad. Makamnya di Desa Temukus Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Dikenal dengan nama "Makam Keramat Karang Rupit".

7. Chabib Ali Bin Umar Bin Abu Bakar Bafaqih. Makamnya di Jalan Loloan Barat Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Dikenal dengan nama "Makam Keramat Loloan"

Paket ziarah religi wali 7 bali ini akan ditempuh selama 5 hari 4 malam menginap di hotel 2 malam, setiap peserta akan mendapatkan fasilitas perjalanan sebagai berikut :
*bis pariwisata Ac, tv, vcd dvd, bantal selimut, wifi
*hotel ac, kolam renang
*konsumsi : makan 11x, snack 1x, aqua 600ml 3x,
*p3k,spanduk,doorprice,pemandu
*tol, parkir,retribusi perjalanan,tiping crew,infaq ziarah
Harga : harga yg kami berikan fariatif sesuai start keberangkatan mulai dari Rp.795.000 per peserta untuk paket komplit..


》》》● PAKET ZIARAH WALI 5 LOMBOK MURAH

Berikut adalah nama temoat dan keterangn lokasi yang akan kita kunjungi selama di Lombok dalam rangkaian ziarah wali lombok, ziarah wali 5 lombok, wali NTB.

1. Makam batu layar
Makam Batu Layar menurut kepercayaan setempat adalah makam keturunan Nabi Muhammad SAW. Ada juga yang mengatakan bahwa makam tersebut merupakan tempat peristirahatan tokoh Islam berkebangsaan Baghdad bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami. Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami dipercaya sebagai salah satu tokoh penyebar agama Islam di Indonesia. Beberapa publikasi yang lain menyebut nama tokoh Baghdad yang datang bernama Syeh Syayid Muhammad Al Bagdadi. Makam Batu Layar sering digunakan sebagai tempat untuk membayar nazar dan mencapai puncak ramai saat perayaan lebaran topat, yakni lebaran yang diselenggarakan tepat 7 hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Lebaran topat bahkan sudah menjadi kegiatan rutin yang diselengarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

2. Makam luang baloq
Loang Baloq berasal dari kata dalam bahasa Sasak yang berarti pohon beringin yang berlubang. Ya, area ini memang ditumbuhi sebuah pohon beringin yang konon sudah berumur ratusan tahun. Makam Loang Baloq adalah kawasan pemakaman yang didalamnya terdapat puluhan jasad. Yang menjadi istimewa dan kerap dikunjungi warga adalah makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak, makam Anak Yatim dan Datuk Laut. Syech Gaus Abdurrazak adalah pendakwah Islam dari Baghdad Irak yang menyebarkan Islam di Palembang dan kemudian Lombok sekitar 18 abad lalu. Tidak hanya berziarah, pengunjung yang datang ke kompleks makam ini juga menggelar sejumlah ritual seperti potong rambut anak yang masih balita atau disebut dengan ngurisang. Peziarah biasanya juga menyampaikan nazar dan berdoa di makam agar permintaanya segera dikabulkan. Misalnya seperti minta jodoh, panjang umur, sehat dan murah rejeki.

3. Makam Selaparang
Keberadaan Makam Selaparang sangat lekat dengan keberadaan Kerajaan Selaparang di abad 13 dan 16 lalu. Kerajaan Selaparang pertama adalah kerajaan Hindu dan kekuasaannya berakhir dengan kedatangan ekspedisi Kerajaan Majapahit pada tahun 1357. Kerajaan Selaparang kedua adalah kerajaan Islam. Makam Selaparang berada di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di kecamatan Swela sekitar 65 km dari kota Mataram. Kompleks Makam Selaparang ramai dikunjungi peziarah pada waktu-waktu tertentu seperti menjelang musim keberangkatan jamaah haji dan beberapa waktu khusus lainnya. Tradisi ziarah ke Makam Selaparang masih lestari hingga sekarang. Ada tiga makam yang banyak dikunjungi di kompleks Makam Selaparang yakni makam Raja Selaparang, makam orang tua Raja Selaparang dan makam panglima Gajah Mada. Di ketiga makam ini, pengunjung sering menaburkan bunga dan membasuh muka dengan air yang telah disediakan. Dengan membasuh muka ini diyakini bagi yang masih lajang akan cepat mendapat jodoh.

4. Masjid kuno bayan beleq
Masjid Kuno Bayan Belek ini terletak di kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara tepatnya berada di perbatasan antara Lombok Utara dan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kawasan Bayan termasuk jauh dari pusat kota, atau sekitar 80 km dari Mataram. Nama “Beleq” di masjid ini berarti “makam besar”. Ya, ada sejumlah makam yang berada di kompleks masjid yaitu Gaus Abdul Rozak yang diyakini sebagai penyebar agama Islam pertama di kawasan ini. Juga ada gubuk kecil di sebelah belakang kanan dan depan kiri masjid yang merupakan makam tokoh-tokoh agama yang ikut turun tangan pembangunan dan mengurusi masjid ini sejak awal. Kini masjid ini tidak lagi digunakan untuk beribadah sehari-hari. Masjid hanya dipakai saat hari besar peringatan agama Islam.

5. Makam keramat Cemare
Makam ini berada di dekat pelabuhan Lembar, tepatnya berada di ujung daratan yang menjorok. Disini menjadi tempat yang diyakini bersemayam jasad tokoh agama di Lombok pada masa lampau. Itu sebabnya makam keramat Cemare sering didatangi para peziarah terutama saat hari besar keagamaan Islam. Selain menjadi tempat ziarah, letaknya yang berada di dekat pelabuhan Lembar dan keindahan pantai Cemare membuat banyak wisatawan yang tidak hanya berziarah namun juga berwisata menikmati keindahan.

6. Makam Wali nyatoq

Makam Wali Nyatog
Wali Nyatoq merupakan seorang wali yang melegenda di Lombok, khususnya di kalangan masyarakat Lombok Barat, Rembitan. Masyarakat percaya bahwa Wali Nyatoq adalah benar-benar seorang wali. Sesuai dengan namanyam, “Nyatoq” berarti “nyata”. Kawasan ini ramai dikunjungi peziarah pada hari Rabu. Pada hari itulah diyakini menjadi saat dimana Wali Nyatoq memberikan berkah sepenuhnya kepada para pengunjung. Selain itu, makam keramat ini juga dipercaya dapat menyelesaikan beragam masalah rakyat. Karena berhubungan dengan kepercayaan masyarakat setempat, maka warga benar-benar menjaga keberadaan makam ini dan tidak mentoleransi adanya perusakan, bahkan nyawa menjadi taruhannya jika terbukti ada yang melakukan perbuatan merusak makam



Paket ziarah religi wali 5 lombok nusa tenggara barat ini akan ditemouh selama 6 hari 5 malam menginap hotel 3 malam, setiap peserta akan mendapatkan fasilitas perjalanan sebagai berikut :
*bis pariwisata Ac, tv, vcd dvd, bantal selimut, wifi
*hotel ac, 3 malam
*konsumsi : makan 13x, snack 1x, aqua 600ml 5x,
*p3k,spanduk,doorprice,pemandu
*tol, parkir,retribusi perjalanan,tiping crew,infaq ziarah
Harga : harga yg kami berikan fariatif sesuai start keberangkatan mulai dari Rp.1.675.000 per peserta untuk paket komplit.


No comments: